Hujan Bakal Sering Turun saat Siang sampai Malam, Masyarakat Disarankan Bepergian pada Pagi

admin

admin

ilustrasi

Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk memperhatikan informasi cuaca saat melakukan perjalanan pada periode libur Natal dan Tahun Baru. “Bijaklah di dalam melakukan bepergian dengan memperhatikan cuaca ekstrem yang terjadi sehingga bapak ibu selamat sampai tujuan dan bisa melakukan liburan Natal dan Tahun Baru,” ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam konferensi pers secara daring di Jakarta, Selasa, 27 Desember 2022.

Untuk pengguna transportasi darat, ia mengatakan, BMKG sudah mengintegrasikan informasi cuaca kepada pemangku kepentingan terkait seperti pemerintah daerah, baik untuk jalur tol maupun non-tol.

“Di informasi itu ada jendela-jendela waktu, di mana hujan itu cenderung tidak terjadi di pagi hari, cenderung terjadi di siang hingga malam hari. Pada saat itulah bapak ibu bisa melakukan perjalanan,” katanya.

Demikian juga untuk transportasi udara ada jendela waktu saat cuacanya bersahabat. Namun, tidak semua penerbangan harus ditutup; penerbangan masih diatur normal dengan memperhatikan berbagai aspek keselamatan.

Untuk transportasi laut, menurut Guswanto, BMKG juga bekerja sama dengan BPBD dan Kementerian Perhubungan untuk memberikan informasi kondisi cuaca penyeberangan, baik tinggi gelombang maupun arus laut.

Dalam kesempatan itu, dia mengatakan, khusus wilayah Jabodetabek saat pergantian tahun selalu diguyur hujan. “Tahun ini potensinya masih ada. Puncak musim hujan (Jabodetabek) diprediksi akan jatuh pada Januari, Februari, di antara bulan itu,” katanya. Ia mengimbau masyarakat agar waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang biasa terjadi pada saat puncak musim hujan. Masyarakat diimbau memperhatikan infrastruktur tata kelola air. “Kalau infrastrukturnya bagus, air hujan ekstrem tidak akan menimbulkan masalah,” ujarnya. (ant)

BERITA TERBARU