Pemerintah Kecamatan Cibarusah bersama Forum UMKM Gelar Pelatihan NIB dan PIRT

admin

admin

CIBARUSAH – Dalam mewujudkan perkembangan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kecamatan Cibarusah menjalin sinergi dengan Forum UMKM Cibarusah dengan mengadakan pelatihan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Camat Cibarusah, Muhamad Kurnaepi mengatakan, pengembangan UMKM merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam memacu kebangkitan ekonomi. Kegiatan pelatihan yang diadakan oleh Forum UMKM Cibarusah tersebut diharapkan dapat mewujudkan UMKM agar naik kelas.

“Iya ini merupakan bagian dari proses dimana pemerintah kecamatan bersama Forum UMKM menginginkan agar seluruh para pelaku usaha di Kecamatan Cibarusah agar naik kelas, makanya kita adakan pelatihan dan pembinaan seperti ini,” ucap Kurnaepi, Senin (30/05/22).

Kurnaepi menjelaskan, proyeksi dari UMKM naik kelas sendiri bukan berarti dapat dijelaskan ukuran kuantitatifnya. Melainkan perkembangan yang dicapai dari masing-masing pelaku usaha agar dapat lebih maju lagi, baik secara pendapatan, legalitas maupun sistem administrasi usahanya.

“Kita sadar bahwa UMKM memiliki berbagai peran seperti meningkatkan devisa negara atau daerah, mendorong kondisi ekonomi yang lebih merata, membuka lapangan pekerjaan, memenuhi kebutuhan masyarakat secara akurat. Oleh sebab itu saya berharap agar forum ini menjadi wadah yang mampu menghantarkan kepentingan para pelaku usaha secara luas,” katanya.

Ketua Forum UMKM Cibarusah, Setyowati menambahkan, dalam kegiatan pelatihan dan pembinaan NIB dan PIRT tersebut, pihaknya juga mengundang perwakilan pelaku UMKM dari tiap-tiap desa, sehingga pengembangan sektor UMKM dapat dirasakan secara merata.

“Hari ini lebih dari 100 orang para pelaku usaha dari setiap desa mengikuti pelatihan dan pembinaan NIB dan PIRT. Kita berharap agar para pelaku usaha ini dapat lebih mengerti tentang alur yang dibuat pemerintah dalam memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha,” kata Setyowati.

Salah satu peserta pelatihan dan juga pelaku usaha, Dian Apriani memberikan apresiasinya atas program yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan bersama dengan Forum UMKM Cibarusah yang mampu memfasilitasi para pelaku usaha untuk dapat berkembang lebih jauh lagi terutama dari segi administrasi.

“Iya tentu ini merupakan kegiatan yang positif, karena tidak semua pelaku usaha paham tentang administrasi atau indentitas usaha. Sehingga adanya pelatihan ini dapat membantu para pelaku usaha untuk semakin berkembang,” ujarnya.

BERITA TERBARU