Guru Berperan Penting Membangun Karakter Bangsa

0
42
Ketau Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi pada acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama para Kepala Sekolah dan Komite Sekolah di aula SMK Avicenna, Rembang, Selasa (9/3/2021). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Ketau Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi melaksanakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama para Kepala Sekolah dan Komite Sekolah di aula SMK Avicenna, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Selasa (9/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu mengingatkan pentingnya peran guru dalam membangun karakter bangsa. Dia mengajak para guru, khusunya di Kabupaten Rembang, untuk berperan aktif dalam membangun karakter bangsa dan membudayakan Pancasila kepada para anak didik.

“Guru bersentuhan langsung dengan anak didik kita ketika berada di sekolah. Karenanya, guru harus berperan aktif dalam membangun karakter bangsa dan membudayakan Pancasila, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat,” kata Arwani.

Dia menjelaskan, pembentukan karakter bangsa sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dekat dengan nilai-nilai pancasila.

“Untuk itu diperlukan pendidikan bagi masyarakat khususnya kalangan anak-anak generasi muda penerus bangsa yang bertujuan untuk membangun karakter dan membudayakan pancasila,” ujarnya.

Menurut dia, membangun karakter bangsa bukan hanya menjadi tugas bagi guru di pendidikan formal melainkan juga di pendidikan informal, seperti guru atau ustadz di pondok pesantren.

Selain itu, pembangunan karakter bangsa juga harus dilakukan pada berbagai lingkup kehidupan baik keluarga, sekolah, maupun masyarakat yang disertai dengan pelembagaan nilai-nilai pancasila. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here