Arwani: Pancasila Terbukti Mampu Jaga Kerukunan Bangsa

0
44
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama kader muda DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2020). (Foto: RB/Alf)

JAKARTA – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama kader muda DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta di Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (10/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Arwani mengatakan bahwa Pancasila terbukti mampu menjaga kerukunan bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional. Karena itu, nilai Pancasila harus terus ditanamkan kepada generasi muda, yang dinilai sangat rentan dipengaruhi paham dari luar.

Menurutnya, salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda. Kondisi tersebut salah satunya dipengaruhi oleh budaya asing yang masuk ke Indonesia.

“Sehingga banyak generasi muda kita yang mulai melupakan budaya sendiri, mereka menganggap seolah budaya asing itu lebih modern dibanding buadaya bangsa sendiri,” kata Arwani.

Karena itu, generasi muda sebagai pilar dan penerus bangsa diharapkan memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai budaya bangsa, meski banyak budaya asing dan paham-paham dari luar yang masuk ke Indonesia.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menguatkan kembali ideologi Pancasila di kalangan anak muda, sehingga mereka nantinya dapat menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” tandasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here