Arwani Thomafi Sosialisasi Empat Pilar MPR ke Komunitas Santri

0
35
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Komunitas santri di Pondok Pesantren Manba’ul Huda Kedung Dowo, Kecamatan Sedan, Rembang, Kamis (3/12/2020). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Komunitas santri di Pondok Pesantren Manba’ul Huda Kedung Dowo, Kecamatan Sedan, Rembang, Kamis (3/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Arwani mengatakan, bahwa pesantren memiliki andil besar dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan, tidak sedikit santri dan kiai yang gugur dalam medan pertempuran melawan penjajah.

“Karena itu, peran pesantren dalam menjaga bangsa Indonesia tidak diragukan lagi. Pesantren bahkan berperan aktif dalam menjaga Pancasila dari ideologi komunis dan lainnya yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Arwani.

Dia juga menjelaskan, sebagai ideologi dan falsafah hidup berbangsa dan bernegara, Pancasila menjadi sesuatu yang urgen untuk dipelajari setiap warga negara. Pengamalannya menjadi sebuah keharusan karena telah disepakati oleh pendiri bangsa ini.

“Pancasila merupakan konsensus nasional yang diramu dan sudah disepakati oleh masyarakat Indonesia yang beragam untuk menjaga kerukunan, serta membangun kedamaian,” jelasnya.

Namun di era globalisai saat ini, pemahamam masyarakat terutama para generasi milenial terhadap Pancasila mulai tergerus dengan masuknya ideologi lain, termasuk lewat media sosial.

“Karena itu, saya mengajak kepada para santri dan tokoh masyarakat agar ikut menjaga dan menanamkan nilai-nilai Pancasila, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here