MPR: Generasi Muda Harus Merawat Persatuan dalam Keberagaman

0
35
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Komunitas Milenial Pemuda Penggerak Pembangunan Indonesia (KMP3I) di Kecamatan Pamotan, Rembang, Selasa (1/12/2020). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengingatkan pentingnya merawat dan menjaga persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia, utamanya bagi para generasi muda.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Umum DPP PPP itu saat melaksanakan sosialisasi empat pilar MPR RI bersama anggota Komunitas Milenial Pemuda Penggerak Pembangunan Indonesia (KMP3I) di Kecamatan Pamotan, Rembang, Selasa (1/12/2020).

“Sebagai generasi penerus bangsa, pemuda punya peran penting dalam merawat dan menjaga persatuan dalam keberagaman. Kita harus berpegang teguh pada Pancasila yang menyatukan Indonesia yang sangat luas dan beragam ini,” kata Arwani.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, nilai-nilai Pancasila merupakan hasil kerja keras para tokoh pendiri bangsa yang ingin Indonesia dapat hidup dengan damai dan tenteram, serta saling menghargai setiap perbedaan di antara sesama anak bangsa.

Karena itu, anak muda harus selalu menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila agar tidak pudar akibat serbuan budaya-budaya luar yang masuk ke Indonesia. Apalagi, terangnya, saat ini ancaman perpecahan bisa datang dari mana saja, termasuk aksi propaganda dari internet.

Menurut dia, implementasi Pancasila sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Menanggalkan Pancasila sebagai landasan dalam berkehidupan bersama, dapat menimbulkan berbagai masalah yang akan merugikan diri sendiri maupun oleh orang lain.

“Oleh karena itu, kita tidak boleh lupa untuk selalu melandaskan Pancasila dan tetap menjaga keutuhan nilai dari Pancasila itu sendiri. Jika bukan kita yang menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila siapa lagi,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here