Generasi Muda Harus Paham Empat Pilar Kebangsaan

0
37
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi, dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR yang digelar di Hall Coffe Sanca, Kecamatan Sule, Rembang, Selasa (01/12/2020). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Generasi muda dinilai penting untuk memahami Empat Pilar Kebangsaan yang terdiri atas Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. Pemahaman yang tepat, diyakini akan menjadikan generasi muda lebih tangguh  dan tidak mudah terpengaruh dengan ajakan untuk berpaling dari Pancasila dan UUD 1945.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi, dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang digelar di Hall Coffe Sanca, Kecamatan Sule, Rembang, Selasa (01/12/2020). Acara tersebut dihadiri sejumlah tokoh muda di Karanganyar, Rembang.

“Anak muda harus memahami empat pilar kebangsaan ini, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika dalam menjaga keutuhan bangsa, agar tidak terbuai dengan paham atau ideologi luar yang dapat merusak kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Arwani.

Menurut dia, sejarah telah membuktikan bahwasanya pemuda adalah salah satu pilar yang memiliki peran besar dalam perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga maju mundurnya suatu negara  ditentukan oleh pemikiran dan kontribusi aktif dari pemuda.

Dia berharap agar pengetahuan empat pilar kebangsaan yang diperoleh dari kegiatan sosialisi tersebut dapat ditularkan dan disampaikan kepada para pemuda lainnya. Dengan begitu, pemuda Indonesia akan memiliki pemahaman yang baik tentang empat pilar kebangsaan.

“Kalau pemuda memahami empat pilar dengan baik, sudah barang tentu mereka akan lebih mencintai NKRI, lebih menghargai perbedaan dalam keberagaman, serta punya semangat yang tinggi dalam menjaga Pancasila dan keutuhan bangsa,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here