Fraksi PPP MPR: Perlu Strategi Khusus Tanamkan Pancasila pada Generasi Milenial

0
31
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Komunitas Pemuda Milenial Penggerak Pembangunan Indonesia (KMP3I) Kecamatan Pamotan, Rembang (01/12/2020). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Nilai-nilai Pancasila penting untuk dipahami dan diamalkan di tengah arus globalisasi sekarang ini, termasuk di kalangan generasi milenial. Hal ini bertujuan agar Pancasila tidak tergerus oleh berbagai paham yang bisa memecah belah persatuan bangsa.

Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengungkapkan, generasi milenial merupakan motor untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Karena itu, generasi milenial Indonesia harus tetap berpedoman pada Pancasila agar tidak tergerus oleh penyimpangan ideologi.

“Apalagi masih banyak generasi muda kita yang acuh terhadap Pancasila sebagai ideologi negara,” kata Arwani ditemui usai Sosialisasi Empat Pilar MPR bersama Komunitas Pemuda Milenial Penggerak Pembangunan Indonesia (KMP3I) Kecamatan Pamotan, Rembang (01/12/2020).

Dia mengungkapkan, Survei yang dilakukan komunitas Pancasila Muda beberapa waktu lalu menunjukkan masih cukup banyak generasi muda yang bersikap acuh terhadap Pancasila. Itu menunjukkan jika strategi sosialisasi di kalangan anak muda perlu diubah agar efektif.

“Tercatat sebanyak 19,5% responden dalam survei tersebut merasa tidak yakin bahwa nilai-nilai Pancasila penting atau relevan dalam kehidupan mereka. Sebanyak 19,5 persen pula, merespon netral terhadap pentingnya Pancasila bagi kehidupan mereka,” jelasnya.

Untuk itu, menurutnya diperlukan strategi khusus dalam menanamkan nilai Pancasila pada generasi milenial. Upaya menanamkan nilai Pancasila di kalangan anak muda tidak cukup dilakukan dengan metode indoktrinasi, tapi juga melalui pendekatan yang fleksibilitas dan inovatif.

“Perlu ada perbedaan strategi penanaman nilai Pancasila pada generasi milenial. Metode doktrin dipandang sudah tidak relevan dengan sikap dan pola pikir generasi milenial,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here