Arwani: Keragaman Penting untuk Menjaga Keutuhan Bangsa

0
52
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Kantor DPC PPP Blora, Selasa (17/11/2020). (Foto: RB/Alf)

BLORA – Keragaman etnis, budaya dan agama yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan potensi dan kekuatan penting dalam menjaga keutuhan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi bangsa ini.

“Keragaman merupakan kekuatan dan potensi utama untuk dapat menjaga persatuan dan keutuhan bangsa, sehingga harus terus dipelihara agar Indonesia tetap utuh dan kuat menghadapi berbagai tantangan,” kata Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama kader dan pengurus DPC PPP Blora, Selasa (17/11/2020).

Menurut dia, keragaman yang termaktub dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika juga memiliki nilai penting lainnya yang harus terus dipupuk dan dipelihara. Keragaman yang dimiliki Indonesia harus diikuti juga dengan semangat bertoleransi antar masyarakat.

“Keragaman merupakan sebuah harmoni yang dimiliki oleh Indonesia dan harus diikat kuat dengan semangat toleransi dari seluruh masyarakatnya,” ungkap Arwani.

Dia juga menekankan pentingnya menanamkan pendidikan karakter kepada para generasi muda, sehingga nantinya mereka tidak mudah terpengaruh dengan budaya dan keyakinan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Bangsa Indonesia saat ini mengalami permasalahan mental yang mendorong munculnya berbagai masalah baru diantaranya krisis karakter, intoleransi dan lainnya. Karena itu, pendidikan karakter penting untuk ditanamkan sejak usia dini,” paparnya.

Keragaman juga merupakan keniscayaan yang harus selalu disyukuri oleh seluruh masyarakat Indonesia. Melalui keragaman inilah, kehidupan berbangsa dapat menjadi lebih indah dan bermakna.

“Indonesia memiliki berbagai macam etnis, bahasa, agama, keyakinan dan kepercayaan, serta adat istiadat yang harus dihormati. Kita harus bersyukur karena dengan keragaman ini kehidpan berbangsa dapat menjadi lebih berarti dan lebih indah,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here