MPR Tekankan Penguatan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda

0
64
Seminar Penguatan Nilai Pancasila, Meneguhkan Semangat Nasionalisme dan Kebangsaan di Pondok Pesantren Roudlotul Ilmi, Banyumas, Minggu (13/9/2020). (Foto: Rb/Alf)

BANYUMAS – Pancasila dinilai sudah terbukti mampu menjaga kerukunan bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional. Karena itu, nilai-nilai Pancasila harus terus ditanamkan kepada generasi penerus bangsa, yang dianggap sangat rentan dipengaruhi pagham dari luar.

Penekanan itu disampaikan Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam seminar bertajuk “Penguatan Nilai Pancasila, Meneguhkan Semangat Nasionalisme dan Kebangsaan” di Pondok Pesantren Roudlotul Ilmi, Banyumas, Minggu (13/9/2020).

Menurut dia, salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia dewasa ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda. Hal itu salah satunya disebabkan pengaruh budaya asing yang banyak masuk ke Indonesia.

“Akibatnya banyak generasi muda yang mulai melupakan budaya sendiri, mereka menganggap seolah budaya asing itu lebih modern dibanding buadaya bangsa sendiri,” ujarnya.

Karena itu, generasi muda sebagai pilar dan penerus bangsa diharapkan memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme, dengan tetap berpegang pada nilai-nilai budaya bangsa, meski banyak budaya asing dan paham-paham dari luar yang masuk ke Indonesia.

“Tentu ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk menguatkan kembali ideologi Pancasila di kalangan anak muda, sehingga mereka nantinya dapat menerapkan sila-sila yang terkandung dalam Pancasila di kehidupan sehari-hari,” ucapnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here