Arwani Tekankan Pentingnya Persatuan dalam Keberagaman

0
79
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di MA NU Lasem, Rembang, Sabtu (29/2/2020). (Foto: RB/Alf)

REMBANG – Indonesia dianugerahi banyak keberagaman,mulai dari ras, agama hingga bahasa. Namun, keberagaman tersebut tidak menjadikan negara ini rawan atas perpecahan, tapi justru membuat negara ini semakin kuat dan berkarakter.

“Keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia sama sekali bukan sebagai ancaman, tapi bisa menjadi kekuatan jika dijaga dengan baik,” kata Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR di MA NU Lasem, Rembang, Sabtu (29/2/2020).

Namun demikian, sebagai sebuah negara kepulauan yang terdiri dari banyak etnis dan budaya, Wakil Ketua Komisi II DPR itu mengingatkan kepada para generasi muda agar selalu siap menghadapi berbagai kemungkinan adanya perpecahan yang dapat menjadi ancaman.

“Berbagai upaya tengah dilakukan, yakni diwajibkan kepada seluruh masyarakat untuk memupuk komitmen persatuan dalam keberagaman, seperti saling menghormati antaragama dan keyakinan, serta menghargai perbedaan budaya,” ujarnya.

Menurut dia, bangsa yang terdiri dari beragam masyarakat sangat rentan terjadi konflik yang dapat memicu perpecahan antar masyarakat. Namun, konflik yang mengarah pada perpecahan dalam suatu bangsa dapat diselesaikan dengan integrasi nasional.

“Untuk itu, kita sebagai masyarakat harus bisa menerapkan Integrasi nasional dalam menghadapi masalah-masalah bangsa yang dapat memicu perpecahan, sehingga kita perlu kembali ke sifat dasar bangsa Indonesia yang santun, sopan dan kekeluargaan,” ucapnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here