Arwani Ajak Warga Pati Terapkan Nilai Luhur Pancasila

0
77
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh dan masyarakat di Yayasan Miftahul Ulum, Tambakromo, Pati, Minggu (23/2/2020). (Foto: RB/Alf)

PATI – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengajak masyarakat di untuk menerapkan empat pilar kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk nilai luhur yang terdapat pada Pancasila.

Hal itu disampaikan oleh Arwani dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh dan masyarakat di Yayasan Miftahul Ulum, Desa Tambakromo, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Minggu (23/2/2020).

Dia berharap nilai-nilai luhur Pancasila bisa diterapkan di semua aspek kehidupan, baik itu di lingkungan pemerintahan (politik), ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, pendidikan, dan bidang lainnya.

“Tiga tataran nilai dalam ideologi Pancasila yang melandasi penerapan peranan Pancasila meliputi nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis,” ujarnya.

Labih lanjut, Wakil Ketua Komisi II DPR RI itu menjelaskan, penerapan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai bidang kehidupan harus mengacu pada nilai dasar, yaitu nilai yang ditetapkan para pendiri negara yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

“Nilai dasar tidak akan pernah lekang oleh waktu. Kemudian, arah selanjutnya adalah memenuhi nilai instrumental yang merupakan penjabaran dari nilai dasar dan disesuaikan dengan tuntutan zaman,” jelasnya.

Terakhir, nilai yang menjadi pedoman pelaksanaan Pancasila adalah nilai praksis. Nilai ini merupakan nilai yang sangat sulit dipenuhi karena merupakan aktualisasi dari nilai-nilai Pancasila.

“Penerapan nilai praksis ini tidak boleh bertentangan dengan nilai dasar supaya pelaksanaan nilai Pancasila di era modern ini bisa sejalan dengan tujuan perumusan dan lahirnya Pancasila,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here