Anggota MPR RI Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Grobogan

0
103
Anggota MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Selasa (4/2/2019). (Foto: RB/Alf)

GROBOGAN – Keberadaan Empat Pilar Kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, dinilai sangat penting di era digital seperti sekarang ini, terutama dalam upaya penguatan pendidikan karakter di tanah air.

Hal itu disampaikan oleh Anggota MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Desa Bandungsari, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (4/2/2019).

“Empat Pilar MPR RI ini harus gencar disosialisasikan, terlebih di kalangan anak muda kita. Itu penting dilakukan oleh kita semua, sebagai penguatan pendidikan karakter di era digital sekarang ini,” kata Arwani.

Ketua Fraksi PPP MPR RI itu juga menekankan pentingnya memahami Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, yang merupakan hasil kesepakatan politik para founding fathers ketika negara ini didirikan.

“Pancasila selain sebagai dasar dan ideologi negara, juga sebagai filsafat dan pikiran yang mendalam dari dasar negara Indonesia. Pancasila juga sebagai way of life atau pandangan hidup dan pemersatu bangsa,” jelasnya.

Menurut dia, keberadaan Pancasila sebagai ideologi negara tidak perlu dipertentangkan lagi, sebab nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam Pancasila sudah sejalan dengan pandangan dan sifat bangsa Indonesia.

Dia berharap nilai-nilai Pancasila diterapkan di semua bidang kehidupan, baik itu di lingkungan politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan, pendidikan, dan sebagainya.

“Untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan, maka kita pertama kali harus mengacu pada nilai dasar yaitu nilai yang ditetapkan para pendiri negara yang berakar pada sejarah perjuangan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here