Ketua Fraksi PPP MPR Ajak Pelajar Pahami Empat Pilar

0
104
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan Sosialisasi Empat MPR bersama guru dan pelajar di Aula MTs Islamiyah Doplang, Kecamatan Jati, Blora, Rabu (4/12/2019). (Foto: RB/Alf)

BLORA – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI Arwani Thomafi mengajak santri dan pelajar di Tanah Air untuk memahami dan mengimplementasikan empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ajakan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPR itu dalam kegiatan Sosialisasi Empat MPR bersama para guru dan pelajar di Aula MTs Islamiyah Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Rabu (4/12/2019).

“Empat pilar MPR terdiri atas Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Itu diibaratkan sebuah bangunan rumah yang memiliki empat komponen utama. Semua komponen itu harus berdiri tegak,” ujarnya.

Karena itu, Arwani menekankan kepada para pelajar untuk memahami dan menjadikan nilai-nilai yang terdapat dalam empat pilar sebagai pegangan hidup. Menurutnya, empat pilar tidak cukup hanya dipahami saja, tapi juga dipraktikan.

“Pelajar Indonesia adalah masa depan dari bangsa ini, dan selama ini nilai-nilai dari empat pilar itu sudah mulai memudar, sehingga tak sedikit perilaku pelajar kita yang cenderung semakin menjauh dari empat pilar MPR RI tersebut,” tandasnya.

Akibatnya, terang Arwani, belakangan ini kerap disaksikan pelajar Indonesia yang bertindak di luar koridor sebagai pelajar yang baik, seperti tindakan melawan kepada guru, datang terlambat ke sekolah, membolos ke sekolah hingga tawuran.

“Kita sangat prihatin, sering mendengar berita yang tidak baik di dunia pendidikan, seperti murid membunuh gurunya, kemudian guru dipidanakan hanya karena masalah sepele dan sebagainya. Ini perlu mendapatkan perhatian dari kita semua,” ucapnya.

Sehingga sangat penting menanamkan nilai-nilai empat pilar lebangsaan kepada para pelajar di tanah air agar memiliki kepribadian dan akhlak yang baik. (alf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here