Usai Pemilu, Anggota MPR Ajak Tokoh Masyarakat Bersatu Jaga NKRI

0
139
Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat di Desa Trowulo, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/4/2019). (Foto: RB/Tj)

GROBOGAN – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI Arwani Thomafi mengajak kepada tokoh masyarakat untuk merajut kembali persatuan usai digelar Pemilu 2019. Hal itu dirasa penting guna menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kita lupakan perbedaan pilihan politik saat pemilu, mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Arwani dalam Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama tokoh masyarakat di Desa Trowulo, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/4/2019).

Menurut dia, perbedaan pilihan merupakan hal biasa yang terjadi dalam pemilu. Hal itu bahkan sudah dijamin dalam undang-undang. Namun yang tidak kalah penting, kata Arwani, bagaimana terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

“Jangan sampai perbedaan pilihan politik yang terjadi pada saat pemilu terus berlanjut sampai sekarang. Ini menjadi tugas kita semua, termasuk tokoh masyarakat, mengajak kembali seluruh elemen bangsa bersatu demi terwujudnya tujuan berdirinya NKRI,” ujarnya.

Dia mengingatkan, bahwa tujuan NKRI terbentuk berdasarkan perhitungan tempat, keadaan, waktu, serta sifat dari kekuasaan. Tujuan NKRI sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945 alenia ke-empat.

Dalam UUD 1945 alenia ke-empat mengandung makna bahwa alenia keempat memuat tujuan nasional, penyusunan negara hukum, bentuk negara Republik Indonesia, Negara Kedaulatan Rakyat dan lima dasar negara. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here