Survey Indo Barometer : Jokowi Ungguli Prabowo

0
128

Jakarta : Pemilihan Presiden sudah menghitung hari lagi, pertarungan semakin panas hasil survei nasional lembaga Indo Barometer menyatakan pasangan Joko Widodo atau Jokowi – Ma’ruf Amin diprediksi akan mengalahkan duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam pemilihan presiden 2019 dengan keunggulan cukup jauh hingga mencapai 18,8 persen.

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli dalam Press converence mengatakan pihaknya melakukan survei dengan menggunakan simulasi gambar. Hasilnya elektabilitas Jokowi – Ma’ruf sebesar 50,8 persen. Sementara tingkat keterpilihan Prabowo-Sandiaga sebesar 32 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,2 persen.

“Tanda-tanda kemenangan kuat ada di pasangan calon Jokowi – Ma’ruf Amin,” katanya di Hotel Atlet Century Park, Jakarta, Selasa, 2 April 2019.

Elektabilitas kedua pasangan calon ini, kata Hadi, relatif stabil dibandingkan survei Indo Barometer pada Februari 2019. Saat itu elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 50,2 persen sedangkan Prabowo-Sandiaga 28,9.persen. Sementara yang belum memutuskan 20,9 persen. “Jadi sama-sama naik sedikit dan angka yang belum memutuskan mengecil,” ujarnya.

Sementara itu, Lembaga survei asal Australia, Roy Morgan merilis hasil survei terkait elektabilitas dua calon Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Hasilnya, Jokowi disebut bakal kembali terpilih untuk periode kedua. Berdasarkan hasil survei Roy Morgan, Jokowi mengantongi suara 58 persen pada periode Januari 2019. Berbanding Prabowo 42 persen.

Dari lokasi asal pemilih, Jokowi mendapatkan dukungan kuat dari masyarakat di pedesaan dengan 63,5 persen. Sementara, Prabowo hanya mengantongi 36,5 persen suara. Di wilayah perkotaan, elektabilitas Jokowi dan Prabowo bersaing ketat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here