Pancasila Harus Diwujudkan dalam Kehidupan Sehari-hari

0
142
Arwani Thomafi menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pondok Pesantren Darul Falah Cluwak, Pati, Senin (25/2/2019). (Foto: RB/Tj)

PATI – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Arwani Thomafi menekankan pentingnya mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Pancasila harus diwujudkan dalam pergaulan hidup sehari-hari. Itu penting untuk menunjukkan identitas bangsa yang lebih bermatabat dan berbudaya tinggi,” kata Arwani dalam forum Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Pati, Senin (25/2/2019).

Kegiatan tersebut dilaksakan di aula Pondok Pesantren Darul Falah, tepatnya di Kecamatan Cluwak, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Selain diikuti para santri, sosialisasi empat pilar itu juga dihadiri sejumlah tokoh masyarakat setempat.

Menurut Arwani, Pancasila merupakan kesatuan yang tidak bisa dipisahkan, karena dalam setiap sila tidak bisa di tukar tempat atau dipindah. Bagi bangsa Indonesia, lanjutnya, Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia.

“Mempelajari Pancasila lebih dalam menjadikan kita sadar sebagai bangsa Indonesia yang memiliki jati diri. Namun tidak cukup hanya dipahami, melainkan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dengan begitu, nantinya diharapkan masyarakat dapat menjelaskan Pancasila sebagai ideologi negara, menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara dan karakteristik Pancasila sebagai ideologi negara. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here