Semangat Kebangsaan dan Nasionalisme Harus Ditanamkan Sejak Dini

0
184
kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi bersama masyarakat dan aktivis pendidikan Ma’arif NU Lasem di aula SMK NU Lasem, Rembang, Selasa (29/1/2019). (Foto: RB/Tj)

REMBANG – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi mengatakan, semangat kebangsaan dan nasionalisme harus ditanamkan sejak usia dini. Langkah itu dianggap penting untuk menangkal penyebaran paham-paham yang tidak sesuai dengan Pancasila.

Penekanan itu disampaikan Arwani saat melaksanakan kegiatan Serap Aspirasi Masyarakat (Asmas) bersama masyarakat dan aktivis pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Lasem di aula SMK NU Lasem, Kabupaten Rembang, Selasa (29/1/2019).

“Saat ini gempuran ekstrimisme, radikalisme dan kejahatan berbasis dunai maya atau media sosial sangat luar biasa. Jika terus dibiarkan, ini dapat melemahkan dan menurunkan kualitas anak bangsa. Karena itu, harus dibentengi sejak awal,” katanya.

Selain orang tua, menurut Arwani guru madrasah Ma’arif NU memiliki peran penting dalam upaya menumbuhkan semangat kebangsaan dan nasionalisme pada anak didik di lingkungan sekolah. Sebab, mereka sehari-hari bersentuhan langsung dengan para siswa.

Dia menilai, menanamkan rasa nasionalisme atau kecintaan terhadap Tanah Air kepada anak-anak sejak dini sangat penting. Hal itu dapat dilakukan dengan cara menceritakan betapa beratnya perjuangan para pahlawan bangsa untuk memerdekakan Indonesia.

“Sebagai orangtua, tugas kita mendidik dan mengajarkan hal positif kepada anak, sebab mereka adalah generasi penerus bangsa. Di tangan merekalah  masa depan bangsa ini ditentukan. Kita harus ajarkan bagaiman bukti nyata cinta terhadap bangsa,” pungkasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here