Generasi Muda Harus Mengenal Jati Diri Bangsa dan Negaranya

0
141
Kegiatan Serap Aspirasi (Asmas) dan Sarasehan Anak Bangsa Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi bersama IPNU, IPPNU dan IPM Cabang Lasem di Rembang, Selasa (29/01/2019). (Foto: RB/Tj)

REMBANG – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI Arwani Thomafi menekankan kepada para generasi muda agar mengenal jati diri bangsa dan negaranya, dengan memahami sejarah, Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945.

“Dengan begitu, maka generasi muda akan tahu dan mengerti bahwa bangsa ini harus dipertahankan,” kata Arwani dalam kegiatan Serap Aspirasi (Asmas) dan Sarasehan Anak Bangsa bersama IPNU, IPPNU dan IPM Cabang Lasem di Rembang, Selasa (29/01/2019).

Selain itu, memahami jati diri bangsa juga dinilai penting agar para generasi muda juga mengetahui bagaimana cara menolak dan menangkal masuknya ideologi selain Pancasila atau ideologi yang tidak sepaham dengan jati diri bangsa Indonesia.

Menurut Arwani, pengetahuan tentang jati diri bangsa sangat penting, karena hal itu akan berpengaruh terhadap rasa kebangsaan. Jika generasi muda tak lagi mau mengenal jati diri bangsanya, masa depan bangsa dan keberlangsungan berbangsa akan mengkhawatirkan.

“Untuk itu, generasi muda harus menempa diri untuk menjadi generasi yang mumpuni. Penempaan diri itu harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya ditunggu intelektualnya, tapi juga bagaimana mengenal bangsa dan sejarah berdirinya negara ini,” ujarnya.

Arwani juga menekankan kepada generasi muda agar mereka menyikapi secara arif dan bijak perkembangan teknologi yang begitu pesat belakangan ini, terutama berkaitan dengan media sosial yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

“Jadi, sebaiknya kecanggihan teknologi itu dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang positif dan lebih produktif dengan menyebarkan nilai luhur. Bukan digunakan untuk sarana saling mencaci, memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here