Arwani Thomafi Gelar Rapat Dengar Pendapat dengan Komunitas Tombo Ati

0
152
Rapat Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dengan komunitas Tombo Ati di Pati,, Selasa (22/01/2019). (Foto: RB/Tj)

PATI – Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) MPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah 3, Arwani Thomafi menggelar kegiatan Rapat Dengar Pendapat Masyarakat (DPM) dengan komunitas Tombo Ati di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Selasa (22/01/2019).

Kegiatan yang diikuti sekitar 150 peserta itu mengusung tema “Sistem Ketatanegaraan Indonesia dan Pelaksanaan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Selain Arwani, tanpak juga hadir sebagai pemateri praktisi pendidikan, Irham Shodiq.

Menurut Arwani, kegiatan tersebut merupakan salah satu tugas konstitusional anggota MPR dalam upaya memberikan pemahaman dan sekaligus menyerap aspirasi dari masyarakat di daerah pemilihan terkait pelaksanaan sistem ketatanegaraan dan UUD 1945 selama ini.

“Jadi kegiatan seperti ini penting dalam menyerap aspirasi dan masukan dari masyarakat. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apa yang menjadi harapan mereka. Ini juga penting sebagai bahan bagi kita dalam upaya penyempurnaan sistem tata negara kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Arwani menjelaskan sistem ketatanegaraan sebagai suatu bentuk hubungan antar lembaga negara dalam mengatur kehidupan bernegara, termasuk kelebihan dan kekurangan sistem ketatanegaraan pada masa sebelum Amandemen UUD 1945.

“Kelebihan dari sistem ketatanegaraan sesudah amandemen UUD 1945 adalah sistem ketatanegaraan kita lebih mengutamakan aspirasi rakyat daripada pihak yang berkuasa,” jelasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here