Tangkal Radikalisme, MPR Tekankan Penguatan Ideologi Pancasila

0
144
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi bersama masyarakat di Desa Bumi Ayu, Wadarijaksa, Pati, Senin (21/01/2019). (Foto: RB: Tj)

PATI – Pancasila sebagai ideologi negara dinilai sebagai solusi paling ampuh dalam upaya menangkal berkembangnya paham radikal (radikalisme) di tanah air. Untuk itu, upaya penguatan terhadap ideologi pancasila dalam kehidupan bernegara harus terus dilakukan.

Penekanan itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilaksanakan bersama tokoh dan masyarakat di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Wadarijaksa, Kabupaten Pati, Senin (21/01/2019).

“Ancaman dan rongrongan terhadap Pancasila sebagai ideologi negara sudah sangat seius dan nyata. Salah satunya dipicu oleh mulai lunturnya pemahamahan terhadap nilai-nilai Pancasila sejak reformasi yang disertai dengan masuknya paham-paham luar,” kata Arwani.

Menurut dia, mengatasi dan menangkal ancaman terorisme dan radikalisme tidak cukup hanya dengan mengandalkan kekuatan senjata atau pendekatan penegakan hukum dan aksi militer, karena tingkat keberhasilannya dikatakan hanya sekitar satu persen saja.

Karena itu, Arwani mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menangkal radikalisme dan terorisme dengan membangun kesadaran terhadap pentingnya bela negara dan penguatan ideologi Pancasila di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Sementara kami melalui MPR RI secara terus menerus menyosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakat bagaimana pentingnya nilai-nilai Pancasila ditanamkan sejak usia dini,” ujarnya.

Dia menambahkan, bahwa Pancasila adalah pemersatu bangsa. Begitu ideologi Pancasila dirongrong dan digantikan dengan paham radikal, maka akan mengancam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here