MPR Tekankan Pentingnya Menjaga Persatuan dalam Keberagaman

0
191
Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Generasi Muda Persatuan Indonesia (GMPI) di Aula SMK Avicena, Kecamatan Lasem, Rembang, Senin (10/9/2018). (Foto: RB/Tj)

REMBANG – Anggota MPR RI Arwani Thomafi menekankan pentingnya kepada masyarakat di Kabupaten Rembang untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah keberagaman bangsa, yakni suku atau etnis, agama dan kebudayaan.

Penekanan itu disampaikan oleh Ketua Fraksi PPP MPR RI itu dalam keseiatan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI bersama Generasi Muda Persatuan Indonesia (GMPI) di Aula SMK Avicena, Kecamatan Lasem, Rembang, Senin (10/9/2018).

“Keanekaragaman bukanlah merupakan perbedaan yang bertentangan, namun justru keanekaragaman itu dapat memperkaya khasanah bangsa yang jika dibina akan memperkokoh kekuatan bangsa,” kata Arwani.

Dia menjelaskan, Bhinneka Tunggal Ika merupakan semboyan negara Indonesia sebagai dasar untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan Indonesia. Karena itu, penting untuk saling menghargai antara masyarakat yang satu dengan yang lainnya.

Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau dimana setiap daerah memiliki adat istiadat, bahasa, aturan, kebiasaan dan lain-lain yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

“Tanpa adanya kesadaran sikap untuk menjaga Bhinneka Tunggal Ika pastinya akan terjadi kekacauan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dimana setiap orang hanya mementingkan dirinya sendiri atau daerahnya sendiri tanpa peduli kepentingan bersama,” jelasnya.

Karena itu, Arwani mengajak kepada semua elemen bangsa untuk terus Bhinneka Tunggal Ika dengan sebai-baiknya agar persatuan bangsa dan negara ini tetap terjaga. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here