Gelar Sosialisasi Empat Pilar, Arwani Ajak Masyarakat Menjaga NKRI

0
164
Sosialisasi Empat Pilar MPRI bersama tokoh masyarakat dan Komunitas Tomboati di Aula MI Al-Fattah, Desa Dukutalit, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati. (Foto: RB/Tj)

PATI – Ketua Fraksi PPP MPR RI Arwani Thomafi menyatakan, bahwa para pendiri bangsa telah bersepakat memilih bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Untuk itu, ia mengajak kepada masyarakat untuk terus menjaga persatuan NKRI agar tetap berdiri kokoh.

Hal itu disampaikan oleh Arwani dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar MPRI bersama tokoh masyarakat dan Komunitas Tomboati di Aula MI Al-Fattah, Desa Dukutalit, Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah, Senin (3/9/2018).

“Sebagai generasi penerus bangsa dan juga sebagai warga negara kita semua sudah seharusnya terpanggil untuk turut serta dalam usaha menjaga membela NKRI dari berbagai ancaman yang datang,” kata Arwani.

Lebih lanjut,dia menjelaskan, bahwa bangsa ini terus bergerak maju dan terus melintasi sejarah. Namun demikian, menurut dia, ancaman terhadap kedaulatan dan keharmonisan bangsa dan negara masih terjadi. Ancaman itu bisa datang dari luar dan dalam negeri.

“Ancaman atau upaya merongrong persatuan NKRI dapat dipengaruhi oleh banyak hal, seperti ancaman kerusuhan yang timbul karena kesenjangan ekonomi. Ancaman ini bisa muncul jika pembangunan nasional tidak mampu memberikan kesejahteraan kepada rakyat.

Selain itu, ancaman juga muncul jika pemerintah tidak berhasil memperkecil ketidakadilan sosial ekonomi. Faktor lain yang dapat memunculkan ancaman terhadap NKRI, yakni upaya memaksakan kepentingan suatu kelompok terhadap kelompok lain secara tidak konstitusional.

“Kemudian ancaman yang muncul dari kalangan separatis, serta masuknya paham radikal yang jelas-jelas bertentangan dengan ideologi negara kita, yaitu Pancasila,” pungkasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here