Peran Ulama Faktor Penting Keputusan Politik PPP

0
330
Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani. (Foto: ppp)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arsul Sani mengatakan, sebelum partainya memberikan rekomendasi ke Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, partainya lebih condong ke Syaifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, pada Pilgub Jawa Timur.

Namun, berjalannya waktu, para ulama meminta PPP untuk memberikan tiket rekomendasi kepada Khofifah-Emil. Alasannya, kala itu belum ada satupun partai NU yang memberikan dukungan kepada Khofifah.

“Kami kedatangan kiai-kiai kultural. Mereka nangis minta PPP itu mendukung Khofifah,” ujar Arsul di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Berkat rekomendasi yang diberikan ulama itulah PPP akhirnya menuruti untuk ikut mendukung pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub. Hal tersebut, karena PPP tak ingin dianggap menganaktirikan kader NU.

“Jangan dianggap anak tiri lah oleh partai NU,” tandasnya.

Seperti diwartakan, berdasarkan versi hitung cepat (quick count), beberapa lembaga survei menyebutkan jika pasangan Khofifah-Emil memenangkan Pilkada Jatim dengan perolehan suara 54,29 persen. Sementara itu, pasangan Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno memperoleh 45,71 persen suara.

Namun, angka ini bukan hasil final. KPU baru akan melakukan rekapitulasi hasil suara pada 9 Juli 2018. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here