PKPU Larang Eks Koruptor Disahkan, DPR Panggil KPU

0
191
Ketua DPR Bambang Soesatyo

JAKARTA – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, dalam rangka mengakhiri polemik yang berkepanjangan terkait aturan larangan mantan narapidana koruptor menjadi calon legislatif 2019 yang sudah disahkan, parlemen menggelar rapat koordinasi dengan penyelenggara pemilu dan kementerian yang terkait.

“Pimpinan telah mengundang seluruh pihak-pihak terkait atas permintaan Komisi II. (Besok rapat dengan) KPU, Bawaslu, Kemendagri, Jaksa Agung dan Kemenkum HAM,” kata Bamsoet, sapaan karibnya, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/7/2018).

Menurut dia, polemik Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, hendaknya tak berlarut. Oleh sebab itu, harus ada jalan keluar dari PKPU kontroversi tersebut.

Di sisi lain, mantan Ketua Komisi Hukum ini berharap agar KPU, Bawaslu dalam membuat peraturan tidak bertentangan dengan Undang-Undang Pemilu.

Dalam rangka memberi efek jera kepada partai politik, mantan Komisi Hukum ini menyarankan, agar KPU dan Bawaslu mengumumkan caleg-caleg yang pernah jadi napi korupsi.

” KPU mengumumkan secara tebuka calon terpidana tersebut sehingga akan merugikan partai yang bersangkutan. Itu lebih elegan,” tukas dia. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here