PPP Gelar Streaming Pengajian Kitab Tasawuf Setiap Jelang Maghrib

0
367
Ustadz Ahmad Syathiby saat memimpin pengajian kitab kuning di Kantor DPP PPP. (Foto: RB/Tj)

JAKARTA – Pengurus DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar pengajian kitab Kitab Al-Hikam setiap hari selama Bulan Ramadhan. Pengajian kitab karya Syaikh Ahmad Ibnu Atho’illah ini dipimpin Ustadz Ahmad Syathiby setiap pukul 17.00 Wib hingga menjelang adzan Maghrib di kantor DPP PPP, Jl Diponegoro, Jakarta Pusat.

Pengurus Bidang Agama dan Dakwah PPP, Syarifuddin mengatakan, pengajian ini tidak hanya bisa diikuti oleh para jamaah yang datang langsung ke kantor DPP PPP, namun bisa diakses seluruh kader PPP lewat streaming Facebook dan Instagram.

“Dengan live streaming, pengajian bisa diakses oleh seluruh kader PPP dan masyarakat di seluruh Indonesia melalui Facebook dan Instagram, dimana pun mereka berada,” kata Syarifuddin, Senin (21/5/2018).

Bagi jamaah yang ikuti pengajian langsung di kantor PPP, mereka bisa buka puasa dan sholat maghrib bersama selepas ngaji kitab kuning. Setelah itu, para jamaah pengajian juga melaksanakan sholat Isya’ dan tarawih bersama di kantor DPP PPP.

“Pengajian juga diikuti oleh warga sekitar kantor sambil menunggu buka puasa, dilanjutkan sholat maghrib hingga tarawih berjamaah,” ujar pria yang akrab disapa Ending.

Menurut dia, tema yang dibahas selalu berganti setiap hari. Pada hari ini, Senin, (21/5/2018), pengajian mengambil tema “Posisi (maqom) Manusia dalam Kehidupan”.

Dalam kesempatan itu, Ustadz Ahmad Syathiby salah satunya menyampaikan tentang pentingnya niat sebelum melakukan sesuatu. Niat itu menurutnya, bisa menentukan nilai kegiatan yang akan dilakukan.

“Niat itu harus baik dan benar. Niat yang baik itu adalah niat untuk melakukan kegiatan yang tidak menimbulkan dan meninggalkan masalah. Sedangkan benar adalah harus sesuai dengan tuntunan agama,” kata Ustadz Ahmad Syathiby.

Kegiatan mengikuti pengajian secara streaming ini bisa menjadi alternatif bagi umat Islam untuk mengisi waktu sebelum berbuka puasa. Saat ini memang banyak acara di televisi yang ditujukan untuk umat Islam yang sedang menunggu adzan maghrib. Namun, jarang acara yang menyajikan tentang pengajian yang spesifik membahas sebuah kitab seperti yang digelar di kantor DPP PPP ini.

Al Hikam sendiri merupakan kitab tasauf yang dikarang oleh ulama Mesir Syaikh Ahmad Ibnu Atho’illah yang wafat pada 1309 masehi. Dari kitab ini, umat Islam bisa mendapatkan sejumlah hikmah dan rahasia tentang kehidupan. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here