Menko PMK: Cuti Lebaran 2018 Tetap 10 Hari

0
220
Menko PMK Puan Maharani mengumumkan keputusan tentang cuti bersama Idul Fitri 1439H/2018 M, di kantor kemenko PMK, Jakarta, Senin (7/5) pagi. (Foto: Humas Kemenko PMK)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan, jumlah hari cuti bersama Lebaran 2018 tetap mengikuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yaitu dari 11-20 Juni 2018 atau 10 hari.

Namun, pemerintah memberikan catatan terhadap jumlah hari tersebut. “Dengan beberapa catatan setelah menelaah beberapa aspek di antaranya, sosial, ekonomi dan lain-lain,” kata Puan diJakarta, Senin (7/5/2018).

Puan menjelaskan, yang dimaksudnya dengan aspek sosial, ialah dimana pemerintah mempertimbangkan di antaranya kemacetan arus mudik Lebaran dan waktu berkumpul dengan keluarga.

Terkait keputusannya itu, pemerintah juga dikatakan telah berkomunikasi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) agar kegiatan bisnis tak berhenti.

Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan delapan catatan terkait cuti bersama Lebaran Idul Fitri 2018 tersebut. Catatan pertama, pemerintah akan memastikan pelayanan pada masyarakat tetap berjalan seperti biasa.

“Seperti rumah sakit, imigrasi, bea cukai, perhubungan dan sebagainya,” papar dia.

Kedua, lanjut politisi PDIP itu, setiap kementerian atau lembaga akan menugaskan pekerjanya. Lalu ketiga, pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja pada saat Lebaran dapat mengajukan cuti di luar itu tanpa mengurangi jatah cutinya.

Keempat, transaksi pasar modal dan bursa akan dibuka pada 20 Juni 2018. “Kelima, cuti bersama di sektor swasta bersifat fakultatif sehingga kesepakatan melibatkan para buruh dan pengusaha,” jelasnya.

Keenam, Kementerian Perhubungan akan mengatur sektor pelabuhan agar petugas tetap bisa bekerja pada saat cuti Lebaran. Ketujuh, empat menteri koordinator akan mengatur untuk melengkapi hal tersebut.

“Kedelapan, setiap kementerian/lembaga akan tetapkan instruksi atau surat edaran,” tukasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here