Gugatan HTI Ditolak, Sekjen PPP: Pengadilan Sudah Benar

0
329
Sekjen DPP PPP Arsul Sani. (Foto: Net Pitu)

JAKARTA – Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani menilai, putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang menolak gugatan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) sudah tepat.

“Pengadilan sudah benar, melihat persoalan pembubaran HTI ini tidak dinilai hanya dari sisi hukum administrasi pemerintahan saja, namun dilihat juga dari konteks menjaga negara,” kata Arsul, Senin (7/5/2018).

Anggota Komisi III DPR RI ini memandang putusan PTUN DKI itu memberi dampak positif bagi keutuhan empat konsensus bernegara.

Ditolaknya gugatan HTI dikatakan memperlihatkan bila trias politika di Indonesia memiliki persepsi yang sama terhadap ormas yang menolak keberadaan empat konsensus kebangsaan.

“Pertimbangan PTUN menunjukkan bahwa ketiga cabang kekuasaan di Indonesia yaitu eksekutif, legislatif maupun yudikatif punya sudut pandang dan posisi hukum yang sama terkait ormas yang menolak empat konsensus bernegara,” tuntas dia.

Sebelumnya, Majelis Hakim PTUN DKI Jakarta menolak gugatan eks perhimpunan HTI untuk seluruhnya, melalui sidang pembacaan putusan di Jakarta, Senin.

“Dalam eksepsi permohonan yang diajukan penggugat tidak diterima seluruhnya, menolak gugatan penggugat untuk seluruhnya, dan membebankan biaya perkara sebesar Rp445.000,” ujar Hakim Ketua Tri Cahya Indra Permana SH MH saat membacakan putusan gugatan eks HTI di PTUN DKI Jakarta, Senin (7/5). (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here