Dua Bocah Tewas, Persiapan Untukmu Indonesia Dinilai Tak Matang

0
213
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (Foto: RB/Tj)

JAKARTA – Persiapan kegiatan bertajuk “Untukmu Indonesia (UI)” di Monumen Nasional (Munas) beberapa waktu lalu, dinilai kurang matang, sehingga mengakibatkan dua bocah meninggal dunia.

Menurut Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, persiapan penyelenggara acara budaya ‘Untukmu Indonesia’ harusnya dilakukan lebih baik karena melibatkan ribuan peserta.

“Dibutuhkan perencanaannya lebih matang,” kata Ketua KPAI Susanto di Kantornya, Jakarta, Jumat (4/5/2018).

Susanto melanjutkan, acara yang disebut menghadirkan peserta sekitar 150 ribu orang itu tak menutup kemungkinan mereka juga membawa sang buah hatinya.

“Yang hadir di situ prediksinya ada sekitar 100 ribu peserta, tentu anaknya cukup banyak,” jelas dia.

Susanto menegaskan, tidak ada alasan  dalam membuat  acara yang melibatkan ribuan orang, persiapannya tidak diperhatikan dengan baik.

“Memang dibutuhkan proteksi maksimal terkait dengan  persiapan itu,” tukas dia.

Sebelumnya, Forum Untukmu Indonesia beberapa waktu lalu, menggelar acara memperingati Hari Tari Sedunia, mengadakan lomba tari massal di silang Monas. Acara tersebut, kemudian disisipi dengan bagi-bagi sembako gratis.

Kehadiran ribuan penerima sembako ini tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh penyelenggara sehingga mengakibatkan terjadinya desak-desakan. Diduga Dua orang anak yang dibawa orang tuanya ikut dalam antrean tersebut dana terhimpit hingga terinjak-injak, kemudian dilarikan ke rumah sakit dan meninggal dunia. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here