Gandeng Generasi Muda Kualitas, Industri Migas Diyakini Meningkat

0
235
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri di JCC, Jakarta, Rabu (2/5/2018). (Foto: RB/tj)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) optimistis industri minyak dan gas (migas) bisa menyaingi sektor lain dengan syarat para generasi muda terlibat di dalamnya.

“Dengan bakat anak-anak muda yang terbaik, saya yakin sektor migas akan terus naik perannya di dunia maupun di Indonesia dan menyalip sektor-sektor lain,” kata Jokowi di JCC, Jakarta, Rabu (2/5/2018).

Menurutnya, dalam memutuskan sektor mana para generasi milenial itu akan berkecimpung, mereka tak hanya berpikir soal penghasilan yang akan mereka peroleh. Karena mereka juga melandaskan putusannya pada idealisme yang dimiliki.

“Dari yang saya baca dan dari diskusi-diskusi saya dengan anak muda yang sudah pada masuk ke e-commerce_dan IT, mereka senang masuk ke sektor ini bukan karena mengejar banyak duitnya saja. Mereka masuk ke sektor e-commerce dan teknologi itu karena idealisme,” paparnya.

Selain itu, para generasi muda ini juga butuh inspirasi dari tokoh-tokoh yang sebelumnya telah berkecimpung di industri Migas.

Mntan Gubernur DKI Jakarta menuturkan, akar tantangan sektor Migas ialah bagaimana mengubah budaya dan reputasi di kalangan generasi muda.

“Apakah sebuah industri itu merupakan simbol daripada inovasi? Atau apa industri itu juga merupakan simbol dari pencemaran atau kerakusan?” tuturnya.

“Kalau kita tidak berhasil mengubah budaya dan reputasi itu, terutama sektor migas, ya anak muda kita yang cemerlang tidak akan lagi tertarik untuk masuk ke sektor ini,” tukasnya. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here