Pansus TKA Dianggap Belum Perlu

0
195
Wakil Ketua DPR RI Utut Adianto. (Foto: Dok. Rb)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Utut Adianto menggatakan, pimpinan parlemen akan segera membicarakan terkait perlu atau tidaknya pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket terhadap Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 tahun 2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Dia minta agar publik tak perlu mendesak agar DPR membentuk Pansus TKA. “Perlu kita lihat dan kita evaluasi. Nanti saya lihat dan kita bicarakan dulu bersama pimpinan,” kata Utut di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (26/4/2018).

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini memandang, wacana pembentukan Pansus tersebut belum diperlukan.

Menurut dia, hendaknya dipahami dulu Perpres tersebut, pasal per pasal apa saja yang kemungkinan akan merugikan tenaga kerja lokal.

Namun demikian, untuk keputusan, pimpinan DPR akan membicarakannya secara cermat. “Saya kira, sebenarnya belum perlu ya,” tukas Utut.

Wacana pembentukan Pansus Hak Angket TKA ini awalnya disampaikan oleh Wakil Ketua DPR,  Fadli Zon. Wakil Ketua DPR lainnya, Fahri Hamzah, mendukung wacana itu karena menganggap Perpres TKA melanggar UU Ketenagakerjaan.

Kemudian, Komisi IX DPR yang bermitra dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan pihak yang langsung mengawasi TKA, mengaku siap menindaklanjuti wacana tersebut. (tj)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here