KIP Getol Silaturrahim ke Partai Politik

0
221
Komisioner KIP saat berkunjung ke Kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro, Jakarta. (Foto: RB)

JAKARTA – Komisi Informasi Pusat hari ini (3/4/201818) road show ke partai politik. Selain untuk bersilaturrahim, kunjungan itu ke kantor partai gencar dilakukan untuk memperkenalkan diri dan program yang akan dilaksanakan selama beberapa tahun kedepan.

Cecep sebagai salah satu komisioner KIP mengungkapkan, dalam pertemuannya dengan Sekjend DPP PPP dan anggota DPR RI di kantor DPP PPP mengaku sangat senang bisa langsung diterima pimpinan elit partai.

Dia mengatakan, di tahun politik ini KIP ingin mendorong parpol sebagai badan publik untuk bisa bersinergi dan berbagi informasi dengan KIP. Sebab, selama ini parpol belum dilihat sebagai badan publik.

“Sehingga secara bertahap kami akan deklarasi akuntabilitas parpol sebagai badan publik yang akan dihadiri oleh ketua umum parpol,” ungkapnya.

Menurut dia, salah program KIP tahun ini yakni melanjutkan program transparansi bantuan keuangan terhadap parpol yang saat ini terjadi kenaikan signifikan. “Agar bisa diakses oleh publik,” tambah pria yang biasa disapa cecep ini.

Di tempat yang sama, Sekjen DPP PPP Arsul Sani mengaku bersyukur ada dorongan positif dari KIP terkait keterbukaan informasi partai, meski setiap parpol memiliki karakter sendiri-sendiri.

“PPP bersyukur berdasarkkan audit BPK tahun 2016 PPP termasuk parpol yang bersih, akuntable dan tidak ada temuan bersama Demokrat dan PKS,” jelasnya.

Sedang untuk transparansi dan akuntabilitas publik, PPP dikatakan tidak hanya melakukan sosialisasi lewat website, tapi juga melalui media sosial.

“Karena faktanya saat ini pengurus sampai tingkat ranting sudah memiliki akun medsos, terutama Facebook,” terangnya.

Wakil Ketua Umum DPP PPP Arwani Thomafi menambahkan, bahwa selama ini parpol dianggap tidak perlu diperhatikan. Padahal, tuntutan terhadap parpol sangat besar, mulai dari pendidikan politik hingga menyiapkan kaderisasi sebagai generasi masa depan.

“Sehingga sangat wajar jika bantuan terhadap partai politik perlu terus ditingkatkan. Kami menyambut baik kerjasama KIP dengan partai politik untuk meningkatkan kualitas akuntabilitas publik,” imbuh anggota Komisi I DPR RI itu. (Irf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here